EKSTRAKURIKULER PAI MENURUT KEMENAG RI

blogger templates

Ukhti-akhi, selamat berjumpa lagi di blog pendidikan, gurucianjur.blogspot.com, yang insya Allah secara konsen untuk memberikan artikel-artikel yang bermanfaat bagi dunia pembelajaran. Kali ini, saya akan men-share tentang jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler PAI yang bisa dihitung setara dengan kegiatan tatap muka.

Jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler PAI :
1.       Pembiasaan Akhlak Mulia ( SALAM )
Yaitu kegiatan mengkondisikan yang dilakukan oleh sekolah secara rutin dan berkelanjutan melalui guru PAI dalam membangun karakter ( character building ) keagamaan dan akhlak mulia peserta didik.
Contoh : Pembimbingan penyelenggaraan membaca Al Qur’an, membaca Asmaul Husna, atau shalat Dhuha yang dilakukan setiap hari 15 menit sebelum jam pertama dimulai.
2.       Pesantren Kilat (SANLAT )
Dilakukan pada waktu libur sekolah, di bulan Ramadhan ataupun di luar Ramadhan. Bisa dilakukan selama 3, 5, 7 hari, atau sesuai kebutuhan.
3.       Tuntas Baca Tulis Al Qur’an ( TBTQ )
Kegiatan yang dilakukan guru PAI di luar jam intrakurikuler dalam rangka mendidik, membimbing dan melatih baca tulis Al Qur’an. Bisa dilakukan 1 atau 2 kali seminggu.
4.       Ibadah Ramadhan ( IRAMA )
Dilakukan dalam bentuk penugasan oleh guru PAI kepada seluruh peserta didik melalui buku panduan ataupun format kegiatan ibadah yang harus diisi oleh peserta didik, diketahui dan ditandatangani oleh pihak terkait dan orang tua.
5.       Pekan Keterampilan dan Seni PAI ( Pentas PAI )
Sebagai wahana kompetisi peserta didik ( TK/SD/SMP/SMA/SMK) dalam berbagai jenis keterampilan dan seni PAI, yang dilakukan mulai tingkat gugus sampai tingkat nasional.  Guru PAI dapat menjadi Pembina dan pendamping siswa dalam proses persiapan dan pelaksanaan Pentas.
6.       Peringatan Hari Besar Islam ( PHBI )
Berfungsi sebagai syi’ar Islam yang memberikan pengetahuan dan sikap, sekaligus memberikan pengalaman pada siswa dalam mengelola kegiatan PHBI. Pelaksanaan PHBI di sekolah adalah tugas guru PAI bersama pihak terkait.

Catatan : kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler PAI tersebut dapat diperhitungkan setara dengan kegiatan tatap muka. Adapun pelengkapnya berupa :
- 1. SK kepala sekolah
- 2. Jadwal kegiatan
- 3. Adanya program mingguan, bulanan, semesteran, ataupun tahunan

( disadur dari buku PEDOMAN PELAKSANAAN PEMENUHAN BEBAN KERJA GURU PAI DI SEKOLAH, yang disusun oleh Direktorat PAIS, Kemenag RI Tahun 2010 )

0 Response to "EKSTRAKURIKULER PAI MENURUT KEMENAG RI"